• 021 31900976
  • 0812 8032 3307

Koran Waralaba 21 April – 04 Mei 2010 . Edisi 022 .

Bonita Tour & Travel, Waralaba Ticketing Pesawat

Janjikan Balik Modal 4 Bulan Dengan Target Omset Rp 300 Juta/Bulan 

* Investasi Mulai Dari Rp 45 Juta 

Berpengalaman menjadi Subagen Ticketing tour and travel selama setahun memantapkan Jefri Van Novis mendirikan usaha Ticketing pesawat dan perjalanan sendiri dengan nama Bonita Tour & Travel di Sumatera Barat. Setelah membuka cabang di Jakarta dan diwaralabakan Juni 2009 hingga kini ia telah memiliki 24 Terwaralaba yang dijanjikan balik modal 4 bulan setelah masa inventasi. Apa keistimewaan dan bagaimana menjadi Terwaralaba Bonita Tour & Travel?

Sebelum mendirikan PT. Bonita Tour & Travel, Jefri Van Novis pernah menjadi Subagen Ticketng pesawat dan perjalanan wisata PT. Crystal Tour & Travel di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat. Setelah memiliki pengalaman, dan mengetahui seluk beluk usaha Ticketing, Jefri memutuskan untuk membuka usaha sejenis dengan nama Bonita Tour & Travel pada April 2007. Saat memulai usaha, Jefri memerlukan modal Rp 50 Juta yang digunakan untuk menambah perlengkapan kantor seperti komputer, meja, dan kursi dan tetap menggunakan tempat usaha yang telah di miliki sebelumnya di Jl. By Pass Pasar Aur Kuning Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Guna melebarkan sayap usaha, Juni 2009 Jefri membuka cabang Bonita Tour & Travel di Jembatan Blok A Lt.2 Los D No. 35-36 Pasar Tanah Abang – Jakarta Pusat. Sejak saat itu, Jefri langsung mewaralabakan usahanya. Untuk itu, Jefri pun mengurus segala macam perizinan seperti Izin Usaha Waralaba dari Departemen Perdagangan dan mendaftarkan PT. Bonita Tour & Travel di Assosiasi Tour and Travel (ASITA). Jika dikalkulasi semuanya enghabiskan anggaran seitar Rp 10 Juta.

Pertimbangan Jefri mewaralabakan usahanya karena banyaknya permintaan relasi bisnisnya yang ingin bekerja sama baik dalam maupun luar kota. Bukan hanya itu, besarnya keuntungan yang dapat diraih pewaralaba (pemilik merek) cukup menggodanya untuk segera mewaralabakan Bonita Tour and Travel. Jefri mengaku, setiap kali menjual brand (merek) Bonita Tour and Travel pada terwaralabakan (Mitra) ia mendapat keuntungan sebesar Rp 25 Juta. Hingga saat ini Bonita Tour & Travel telah memiliki 24 Terwaralaba yang berada di Jakarta, Padang, Medan, dan semuanya masih berjalan.

Jefri Van Novis, kelahiran Bukit Tinggi, 16 November 1981 ini, menyadari bahwa terjun ke usaha ticketing tour & travel harus mengutamakan servis dan pelayanan terbaik. Untuk itu Bonita Tour & Travel menjanjikan akan memberikan harga tiket termurah kepada setiap pelanggannya. Ia pun menyarankan agar pelanggan memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Adapun tiket pesawat yang disediakan di antaranya untuk pesawat Lion Air, Garuda Indonesia, Kartika Air, Merpati, Air Asia, Sriwijaya Air, Batavia Air. Menurut Jefri, tiket Lion Air, saat ini yang paling diminati, karena harganya terjangkau. Misal saja penerbangan tujuan Jakarta – Makassar harga tiket Rp 550 ribu (pertengahan April, -red). Guna menarik lebih banyak pelanggan dapat memesan tiket lewat telepon, email, atau website dengan alamat www.bonitatour.com. Bahkan bagi pelanggan yang berada di Jabodetabek, tiket dapat diantar tanpa ongkos kirim.

Sistem Waralaba. Nah, untuk menjadi Terwaralaba Bonita Tour & Travel ada dua investasi yang ditawarkan yakni  tipe 1 dengan investasi 70 Juta dan tipe 2 dengan investasi Rp 45 Juta.

Tipe 1, Terwaralaba akan mendapatkan peralatan seperti 2 unit komputer Intel Core 2 Duo, 2 unit printer, 1 mesin faks, 1 HP dual SIM card, alat promosi seperti neon-box, X-banner, stiker, flyer, dan 1 set perlengkapan kantor serta Rp 20 Juta sebagai deposit untuk pembelian tiket. Sedangkan untuk Tipe 2, Terwaralaba hanya akan mendapatkan deposit Rp 20 juta tanpa mendapatkan peralatan maupun perlengkapan kantor seperti tipe pertama.

Jefri mengatakan kedua investasi tersebut, sudah termasuk franchise fee sebesar Rp 25 Juta dan Terwaralaba berhak menggunakan brand Bonita tour & Travel selama 5 tahun. Jika kontrak selesai, Terwaralaba dapat memperpanjang dengan membayar Franchise fee saja.

Selain itu Terwaralaba akan dikenakan royalty fee sebesar 5% dari omset tiap bulan dan melakukan deposit minimal Rp 20 Juta tiap bulan yang digunakan untuk pembelian tiket. 

Namun sebelum menjalankan usahanya Terwaralaba akn diberikan pelatihan selama 7  hari mulai dari operasional, servis dan pemesanan tiket hingga mengatasi pembatalan keberangkatan. Selain itu Perwaralaba (pemilik merek) akan membantu mencarikan lokasi dan menyiapkan karyawan terlatih jika diperlukan tanpa biaya tambahan.

Jefri mengatakan, setiap kali ada pemesanan tiket pesawat, Terwaralaba akan mendapatkan keuntungan 7% dari harga tiket. Misal saja harga tiket Rp 1 Juta, maka Terwarabala akan mendapatkan komisi keuntungan Rp 70 ribu, dan saya hanya ambil untung 5-10 ribu/ tiket,” jelas Jefri.

Balik Modal Cepat. Meskipun jumlah komisi yang didapatkan Terwarabala hanya 7 persen namun jika dalam satu bulan mampu menjual sekitar 20 tiket sehari dengan omset Rp 10 Juta, maka tiap bulan Terwarabala akan mendapat omset Rp 300 Juta dan keuntungan bersih sekitar Rp 5,5 Juta. dengan demikian Pewaralaba menjanjikan Terwaralaba yang mengambil tipe 1 bisa balik modal cepat dalam waktu 9-12 bulan dan tipe 2 selama 4,5-8 bulan.

Lebih lanjut Jefri, finalis Wirausaha Muda Mandiri 2008 ini mengatakan, bahwa setiap kali menjelang linuran permintaan di setia Terwaralaba melonjak dua kali lipat dari hari – hari biasa. Bahkan menjelang lebaran permintaan tiket naik 3 kali lipat. Untuk itu, jelang liburan, Pewaralaba menyarankan Terwaralaba untuk memesan tiket jauh-jauh hari.

Kendala. Selama menjalankan usaha ticketing, kendala yang biasa dihadapi perubahan waktu keberangkatan tiket karena kelalaian pemesan. Namun karena ingin memberikan pelayanan terbaik , maka Jefri mampu memberikan pengambalian uang sebesar 50% dari harga tiket, padahal jika membeli tiket langsung di bandara biasanya akan hangus. Untuk mengatasi komplain dari pelanggan, Jefri menyarankan semua karyawan di gerai Terwaralaba untuk memperhatikan pencatatan tanggal pemesanan tiket keberangkatan untuk meminimalisir pembatalan.

Promosi. Guna mengenalkan waralabanya, Jefri gencar beriklan di media cetak dan melakukan promosi online di internet dengan alamat www.bonitatour.com. Selain itu, tiap bulan ia membagikan brosur pada Terwaralaba untuk dibagikan serta mengikuti ajang pameran di JCC Senayan, Jakarta Selatan.

Sementara itu, jika ada Terwaralaba yang belum mampu mencapai terget penjualan, Perwaralaba akan membantu mencarikan lokasi usaha yang ramai seperti dekat dengan kampus, kompleks perumahan elit, pusat belanja, dan mal. Selain itu, Terwaralaba akan dibantu melakukan promosi bersama seperti mencantumkan alamat dan nomor telepon Terwaralaba di brosur maupun iklan di media cetak. Rusian